Miniatur Fantasi Muda

Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI





Disusun Oleh
Kelompok 3 XII Bahasa 1
Anggota:

1.     Antonius Adji       / 03
2.     Fransesco Evan  / 11
3.     Javan Christian   / 14
4.     Wiempy Wijaya   / 28

SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017-2018



---------------------------------------------------------------------------------


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan anugerah yang dicurahkan, atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Makalah yang berjudul “Miniatur Fantasi Muda“ ini dibuat dalam rangka memenuhi Ujian Praktik mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI serta memaparkan miniatur yang bertemakan taman bermain, dimana terdapat berbagai wahana dan lampu-lampu.
Dengan makalah ini, diharapkan ketertarikan pembaca akan arduino semakin meningkat, serta dapat menambah wawasan dan kreatifitas pembaca. Karya tulis ini didasarkan pada praktek yang berorientasi pada sumber dokumen yaitu buku “Arduino Microcontroller Atmega328“ dan pencarian internet.
Dalam penyusunan dan penulisan, penulis mendapat bimbingan dan petunjuk serta bantuan dari berbagai pihak. Sebagai rasa syukur dan terima kasih, tidak lupa kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.  Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart program yang dilampirakan
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,SS.,M.Med.Kom, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing penulisan makalah Ujian Praktik
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan proyek Miniatur Fantasi Muda
Penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini masih belum sempurna, oleh sebab itu jika dalam penulisan karya tulis ini terdapat kesalahan, Penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca dan pembina, guna memperbaiki dan meningkatkan kemampuan penulis. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Surabaya ,     November 2017


                                                                                                                                                      Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Sampul .................................................................................................................   i
Kata Pengantar    .................................................................................................................  ii
Daftar Isi             ...................................................................................................................  iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang        ........................................................................................................   1
B. Rumusan Masalah  .........................................................................................................  1
C. Tujuan Manfaat       .........................................................................................................  2
D. Batasan istilah         ........................................................................................................  2
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Fantasi                    ..……...……….....……………………………......................……........  3
B. Taman bermain     ...........................................................................................................  3
C. Mikrokontroller      …………............……………….........................…………………........  4
D. Kerangka Berpikir  …………………….……………..........................................................  5
BAB III: PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A. Taman Bermain  …………………….......……………………….……………………………..6
B. Alat dan Bahan  …………………………............……………….…………………………….7
C. Bog Diagram Proyek  ……………………………............……………………………………7
D. Cara Kerja Proyek Umum  ……………………………….............…………………………..8
BAB IV: ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket…………………………………………………………………...9
B. Kinerja Proyek……………………………………………………………………….9
C. Flowchart Program…………………………………………………………………10
D. Lampiran Program Arduino……………………………………………………….11
BAB V: KESIMPULAN
A. Kesimpulan………………………………………………...………………………..13
B. Kesan Saran ………..……………………………………………………………….13
DAFTAR PUSTAKA……..………………………………………………………………...14




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
    Kenangan akan taman bermain bagi generasi muda saat ini mungkin tak terlepaskan dari pikiran mereka. Kenangan akan hal tersebut pun tak jarang ingin diwujudkan kembali oleh beberapa kalangan, dengan mengunjungi lagi taman bermain tersebut. Namun, bagi beberapa individu tertentu, mereka kesulitan dalam hal mengatur waktu dan uang, sehingga mustahil untuk berkunjung ke taman bermain hanya untuk mengingat kenangan akan masa kecil, serta menikmati suasana taman bermain itu lagi.
         Generasi muda saat ini mungkin mengalami beberapa kendala untuk ke taman bermain. Mereka tetaplah membutuhkan hiburan, dimana sebagian besar hiburan tersebut dapat terwujud di taman bermain, dengan suasana yang nostalgia serta berbagai wahana yang tersedia.
           Oleh karena itu, berdasarkan kenyataan dan harapan di atas, penulis mencoba merancang miniatur fantasi muda, yaitu taman bermain itu sendiri. Dimana, taman bermain dengan suasana lampu yang berwarna-warni serta berbagai wahana akan penulis tempatkan dalam miniatur fantasi muda tersebut. Dengan demikian, kalangan muda dapat bernostalgia akan kenangan taman bermainnya pada miniatur ini.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah, "Bagaimana merancang miniatur taman bermain yang menarik?"
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk miniatur taman bermain?
2. Bagaimana merancang wahana-wahana dalam miniatur taman bermain?
3. Bagaimana sistem dan cara kerja wahana dalam miniatur taman bermain?

C. Tujuan dan Manfaat
1.  Tujuan: Membuat miniatur taman bermain yang unik dan menarik
2. Manfaat: Miniatur taman bermain dapat menjadi koleksi dan barang nostalgia bagi beberapa kalangan akan suasana taman bermain.

D. Batasan Istilah
Taman bermain adalah tempat dengan daya tarik dan yang dimaksudkan untuk memberikan waktu bermain gembira untuk berbagai kelompok, khususnya anak-anak.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA


A. Fantasi
     Fantasi adalah hal yang berhubungan dengan khayalan atau dengan sesuatu yang tidak benar-benar ada dan hanya ada dalam benak atau pikiran saja. Kata lain untuk fantasi adalah imajinasi (Wikipedia). Namun, berfantasi atau berkhayal dapat diartikan sebagai salah satu gejala pengenalan (kognisi), yaitu gejala-gejala yang terdapat dalam kejiwaan kita, sebagai hasil dari pengenalan.(Mario Fred, 2009)
     Fantasi juga dapat diartikan kemampuan jiwa yang dapat membentuk satu tanggapan baru dengan pertolongan tanggapan yang lama. (Julianto Simanjuntak, 2007)
    Fantasi umumnya merupakan aktivitas yang menciptakan. Tetapi sekalipun demikian orang sering membedakan antara fantasi yang menciptakan dan fantasi yang dipimpin. Fantasi yang menciptakan yaitu merupakan bentuk atau jenis fantasi yang menciptakan sesuatu, misalnya seorang pelukis menciptakan lukisan berdasarkan atas daya fantasinya. Fantasi yang dipimpin yaitu bentuk atau jenis fantasi yang dituntun oleh pihak yang lain. (Bimo Walgito, 2010)

B. Taman Bermain
    Taman bermain adalah tempat dengan daya tarik yang terdiri atas wahana permainan. Biasanya taman hiburan memiliki pilihan sejumlah jenis wahana permainan yang berbeda, bersama dengan toko, restoran, dan gerai (outlet) hiburan lainnya . Taman hiburan dapat dinikmati oleh kaum tua maupun muda (Wikipedia).Sebuah taman bermain adalah tempat yang khusus dimaksudkan untuk memberikan waktu bermain gembira untuk anak-anak dan untuk merangsang kemampuan fisik serta mental mereka.(Joko Pati, 2012)
     Taman bermain juga dapat diartikan sebagai tempat dimana digunakan sebagai tujuan liburan, baik oleh kalangan muda sampai dewasa untuk menikmati suasana liburan yang menyenangkan. (Yoseph Djaja, 2005)
     Tak luput juga, taman bermain dapat diartikan juga sebagai suatu tempat dimana terdapat berbagai wahana-wahana serta suasana yang menghibur bagi para pengunjungnya. (Martin, 2012)

C. Mikrokontroller
     Mikrokontroller adalah suatu IC dengan kepadatan yang sangat tinggi, dimana semua bagian yang diperlukan untuk suatu kontroler sudah dikemas dalam satu keping, biasanya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), EEPROM/EPROM/PROM/ROM, I/O, Serial & Parallel, Timer, Interupt Controller.(Setiawan, 2011)
     Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program didalamnya.(Fauzi, 2011)

D. Kerangka Konsep Berpikir





BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK


A. Taman Bermain
              Taman bermain berupa maket yang tersusun dari beberapa wahana serta bangunan dan lampu-lampu yang mendukung suasana taman bermain. Pengendalian mikrokontroler serta ruang operator berada di antara bangunan-bangunan. Speaker sebagai sumber suara juga ditempatkan didalam salah satu bangunan. Lampu LED diletakkan di beberapa wahana serta lampu tiang di daerah taman bermain.

B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
    a. Karton
    b. Lem, Paku,isolasi 
    c. Palu,paku
    d. Media Warna (Cat air, pensil warna)
    e. Assesoris
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Dinamo dan Spiker
   d. Kabel, timah solder

C. Bog Diagram Proyek



D. Cara Kerja Proyek Umum
        Pada saat ingin menyalakan, tombol ON/OFF ditekan, maka lampu akan menyala serta beberapa akan menyala secara bergantian. Selain itu, musik suasana taman bermain juga akan terdengar melalui speaker.




BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK

A. Spesifikasi Maket


Spesifikasi maket miniatur taman bermain dirancang  dengan ukuran:
       Luas area : 40x40 cm
       Luas bangunan: 10x10 cm
       Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
       Panjang bangunan: 30 cm
       Lebar bangunan: 20 cm
       Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
      Alas Karton 40x40 cm tebal 2 cm
      Bahan dinding dan Apat: Karton tebal 2mm
      Lem merk Fox
Spesifikasi Alat Listrik
      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
      Timah ukuran 40x60
      Speaker
      Dinamo
      Tombol push on


B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
   Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi taman bermain dan diharapkan dapat direalisasi dengan ukuran sesuai kebutuhan. Lampu serta alat otomatis yang lain dapat diataur waktu aktifnya dengan mengubah kontrol waktu program.

Kelemahan Proyek
     Karena bahannya maket dari triplek dan karton akan sangat rawan terhadap air dan angin dalam kurun waktu 1 sd 3 bulan maket ini sudah melengkung.


C. Flowchart Program


D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
    Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino  dan penjelasaan program dibelakang tanda //
  
        int lampu1=2;                               //led1 dipasang dipin2 arduino
        int lampu2=3;                               // led3 dipasang di di pin 3
        int tombol=4;                                // tombol di pasang dipin 4
        int  lampudisko=6;                        // lampudisko di pasang dipin 6 
        int  x;                                             //  x diseting sebagai  bilangan bulat
void setup () {                                       // seting semua pin arduino di bawah
      pinMode (lampu1,OUTPUT);        // pin 2 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (tombol,INPUT);            // pin 2 di setting sebagai INPUT
      pinMode (lampu3,OUTPUT);        // pin 3 di setting sebagai OUTPUT
      pinMode (lampudisko,OUTPUT);   // pin6 di setting sebagai OUTPUT

     
 void loop (){                                       // jalankan semua program di bawah secara berulang-ulang
      x=digitalRead(tombol);                 // baca kondisi tombol, hasilnya dijadikan nilai x     (
      if (x==1) {
      digitalWrite(lampu1,HIGH);        //kirim tegang tinggi 5 volt ke pin2 atau nyalakan lampu1
      digitalWrite(lampu2,HIGH);         //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin3 atau nyalakan lampu2
      digitalWrite(lampudisko,HIGH); //kirim tegangan tinggi 5 volt ke pin6 atau nyalakan lampudisko 
     }
      else {                                             //selain di atas eksekusi program di bawah
      digitalWrite(lampu2,LOW);         //nyalakan lampu2
      digitalWrite(lampudisko,LOW);  //nyalakan lampudisko 
       delay(500);                                  //tahan nyala lampu1 selama setengah detik
      }


BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
        Berdasarkan uraian BABI sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Miniatur Fantasi Muda dapat mengatasi sebagian besar masalah masyarakat terutama bagi kalangan muda yang kerap kali ingin bernostalgia akan bagaimana suasana taman bermain. Selain itu, miniatur ini juga dapat dijadikan koleksi dan kenangan tersendiri bagi beberapa kalangan, serta mengenai biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.

B. Kesan dan Saran

 Kesan
    Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat membangun rasa persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga satu sama lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan keunikan serta kebinekaaan karakter sesama.

Saran
      Ke depan sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan  seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan.


                                                                      DAFTAR PUSTAKA
Andy,Dkk, 2015. Sistem pemrogram Pascal, C++ dan Asembly. Pt. Erlangga Surabaya, Halalaman
                      12 sd 25. Jakarta

Nuh.M. 2000. Komponen Elektronika Aktif Pasif untuk Rangkaian Elektronika Sederhana, PT 
                       Gramedia, Halaman 5 sd 12. Surabaya.

Samudra, 2016. Mikrokontroller Atmega823, Materi TIK Kelas 12 SMA Santa Maria Surabaya,
                    MGMP Kota Surabaya

____________,2017. Teknik Pembuatan Maket Rumah Karton. https://maket.blogspot.com.  

                        Google.com, di akses Kamis, 30 November 2017. 08:12:32

Komentar

  1. Bagus, nilai 90! Daftar pustaka tidak sesuai nama2 refrensi yang di ambil di bab2 ! Flowchart tidak sesuai progrm

    BalasHapus

Posting Komentar